Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi


Asam urat disebabkan karena dalam makanan yang kita konsumsi terlalu banyak mengandung zat purin. Zat purin adalah zat yang terdapat pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari seperti daging, buah-buahan dan sayur-sayuran. Asam urat dapat juga diartikan sebagai sisa kandungan makanan yang telah kita konsumsi, biasanya penyakit ini menyerang orang usia lanjut. Sama dengan Kolesterol, asam urat juga dapat memicu munculnya penyakit lain seperti diabetes dan gagal ginjal.

Penyebab asam urat tinggi selain makanan juga bisa dari faktor eksternal yang tidak bisa anda duga sebelumnya. Asam urat merupakan bahan kimia yang dihasilkan ketika tubuh memecah zat yang disebut purin. Purin dapat ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman seperti hati, ikan asin, ikan kembung, kacang kering dan kacang polong, dan bir. Setelah diproduksi, asam urat akan akan larut dalam darah dan melewati ginjal, lalu sebagian besar meninggalkan tubuh ketika buang air kecil.

Menjaga pola makan, nutrisi dan asupan makanan merupakan cara yang tepat dan sederhana yang perlu Anda lakukan apabila ingin menjaga kadar asam urat dalam darah Anda agar tetap stabil. Berikut ini merupakan makanan yang wajib Anda hindari untuk menjaga kadar asam urat dalam tubuh Anda:

Baca Juga :



Daging merah 
Tidak semua daging memiliki kandungan purin yang sama, selain daging merah, daging putih sebenarnya lebih baik dikonsumsi dan menyehatkan. Mengkonsumsi daging merah sebaiknya dalam jumlah wajar dan cukup sesekali saja. Tingginya zat purin yang ada adalah bahan makanan ini, akan memicu peningkatan kadar asam urat yang ada dalam darah. 

Jeroan

Setelah beberapa jenis daging yang dapat meningkatkan kadar asam urat Anda, kali ini jeroan menjadi salah satu bahan makanan penyebab asam urat yang harus Anda hindari. Jeroan merupakan salah satu makanan yang sangat familiar dan diminati oleh orang Indonesia. Jeroan sendiri merupakan suatu istilah yang digunakan untuk merujuk pada beberapa organ dalam hewan yang dapat diolah sebagai makanan. Kebiasaan mengonsumsi jeroan sapi, domba atau kambing, ayam, hingga babi, merupakan hal yang sebaiknya perlu diperhatikan, terutama bagi penderita asam urat.
Durian
Durian adalah buah yang bisa menyebabkan kolesterol jika dimakan dengan sangat berlebihan, sebab kandungan kolesterolnya sangatlah tinggi. Sebaiknya bagi Anda yang mempunyai kolesterol hindari mengkonsumsi buah ini. Namun jika memang ingin memakan buah ini, makanlah hanya 1 buah saja. Karena jika kolesterol benar-benar meningkat, akan memancing asam urat menjadi tinggi. Karena kolesterol dan asam urat yang tinggi, bisa saja Anda mendapatkan komplikasi penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Durian juga memiliki kandungan ethanol, ethyl, methanol dan senyawa sulfur yang berbahaya untuk kesehatan. Apalagi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit ginjal, semua zat yang ada dalam durian sangatlah tidak baik, sebab ginjal tidak akan bisa menguraikan zat tersebut.
Makanan laut (seafood)
Beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, ikan sarden, cumi-cumi, ikan tuna, ikan makarel, hingga hewan laut bercangkang layaknya kerang, kepiting, tiram, lobster, atau udang ternyata juga memiliki kadar purin yang tinggi yang bisa menyebabkan masalah asam urat.
Minum terlalu banyak alkohol
Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan dosis sedang hingga tinggi sebanyak dua gelas per hari untuk pria, atau satu gelas perhari untuk wanita, dapat meningkatkan potensi resiko asam urat. Konsumsi bir berpotensi tinggi meningkatkan resiko gangguan asam urat. Bahaya alkohol juga dapat menyebabkan penyakit paling mematikan di dunia seperti jantung dan kanker.
Nanas
Buah selanjutnya yang bisa berbahaya jika dimakan secara berlebihan oleh penderita asam urat adalah nanas. Buah nanas yang sudah dicerna terfermentasi bisa berubah menjadi alkohol sehingga memicu terjadinya asam urat. Selain itu, buah ini juga bisa memberikan efek yang negatif pada glukosa yang ada dalam darah. Hal ini disebabkan karena kandungan gula pada buah nanas sangatlah tinggi. ½ cangkir buah nanas mempunyai 9,28 gram kandungan karbohidrat. Dimana 8,13 karbohidratnya berasal dari gula dan 1.15 gram dari serat.
Makanan olahan
Makanan olahan yang terbuat dari daging seperti abon dan dendeng ternyata memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Selain itu, makanan kalengan layaknya sarden atau kornet juga sebaiknya kita hindari jika tidak ingin terkena masalah asam urat.
Beberapa Sayuran Tertentu
Meskipun termasuk dalam makanan yang sehat, dalam realitanya sayuran seperti jamur kuping, bayam, kol, daun pepaya, buncis, kangkung, asparagus, hingga daun singkong ternyata kaya akan kandungan purin.

Makanan dan minuman manis
Hindari makanan manis yang tinggi sirup jagung fruktosanya seperti roti tawar putih, kue, permen, soda atau jus kemasan. Tak hanya beresiko menggemukkan, namun kandungan pemanis dalam makanan ini dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam urat.
Bersamaan dengan minum obat penurun asam urat, Anda juga harus diet asam urat. Yaitu, menghindari konsumsi makanan-makanan pemicu naiknya asam urat Anda. Atau menjauhi makanan pantangan asam urat.
Sebaliknya, perbanyak makanan yang menyebabkan asam urat Anda bisa turun. Anda juga bisa mendapatkan makanan penurun asam urat dengan mudah.
Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah menjalani pola hidup sehat. Yaitu, hanya mengonsumsi makanan-makanan penurun asam urat dan mengonsumsi makanan dan buah yang bisa membuat Anda lebih sehat.
Baca Juga :




Komentar

Postingan Populer