Cara Menghilangkan Noda Minyak Pada Baju


Minyak cenderung meninggalkan bercak transparan namun tampak nyata pada pakaian berwarna. Artikel ini menunjukkan cara mengikis noda minyak pada pakaian.
Noda minyak bisa mengenai pakaian apa pun. Kejadian yang sering dialami sebagian orang adalah mengusapkan tangan ke rok berwarna gelap setelah memegang makanan berminyak. Tergesa-gesa berangkat kerja juga bisa berujung pada noda minyak rambut membekas di celana kesayangan. Meskipun noda minyak tidak berwarna, bercaknya tetap terlihat jelas karena membuat kain tampak lebih gelap daripada sekelilingnya dan membuat pakaian tampak berlepotan. Menghilangkan noda minyak sebenarnya tidak begitu sulit asal Anda tau caranya. 
Ketika sedang memasak, biasanya anda akan ‘berperang’ melawan cipratan minyak dari penggorengan. Bukan hanya agar tangan anda tidak terkena panasnya minyak tersebut, melainkan juga untuk menghindari pakaian anda dari noda minyak. Menghilangkan bekas luka terkena cipratan minyak, kadang kala bisa lebih mudah daripada noda minyak di pakaian. Sementara, anda yang punya jadwal padat tentunya tidak bisa terus-terusan masak menggunakan daster, bukan? Ada kalanya anda perlu memasak sarapan sambil memakai pakaian kerja agar bisa menghemat waktu, dan sebagainya. Nah, lalu, bagaimana ya caranya agar noda minyak pada pakaian bisa hilang?



Baca Juga :

Anda dapat menghilangkan noda minyak goreng dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Jika tidak dibersihkan dengan benar, minyak goreng bisa meninggalkan noda permanen yang tidak hilang. Ada beberapa cara mudah untuk dapat menghilangkan noda minyak pada pakaian anda, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda coba:
Menggunakan bedak bayi. Bedaknya tidak perlu yang bermerk mahal, cukup dengan baby talc “jadul” yang murah meriah, tidak lebih dari 5000 rupiah. Dengan menaburkan bedak bayi pada bahan yang terkena noda minyak, lalu diamkan beberapa saat, bisa sampai beberapa jam, tergantung kondisi noda, Namun ada  yang harus anda perhatikan, yaitu bahan yang terkena noda minyak itu belum terkena gosokan (belum digosok). Jadi, begitu bahan tersebut kena minyak, jangan digosok dulu ! melainkan langsung ditaburi bedak saja. Kalau sudah terlanjur digosok, berarti noda minyak akan sulit / tidak akan hilang hanya dengan menaburkan bedak bayi, tetapi harus dicuci dulu. Bahkan untuk mencucinya juga terkadang menggunakan sabun mandi (sabun mandi lebih mudah untuk menghilangkan noda minyak atau lemak dibanding detergent).
Menggunakan tepung jagung (maizena).Tempatkan pakaian pada permukaan yang datar. Taburkan tepung jagung (maizena) diatas noda sampai seluruhnya menutupi noda. Tepung jagung berfungsi menyerap minyak goreng. Biarkan tepung jagung pada pakaian semalaman.Setelah dibiarkan semalaman, sikat dengan lembut tepung jagung (maizena) dari pakaian. Rendam kain lap dalam air hangat. Peras kelebihan air dan tuangkan sedikit sabun cuci piring keatas lap tersebut.Usapkan kain lap diatas noda. Gosok dengan lembut dan biarkan sabun mengendap selama satu jam. Setelah satu jam, cuci pakaian seperti biasa. Jika noda masih saja tinggal, ulangi prosedur diatas.
Cuka putih atau air perasan jeruk lemon. Pilih saja salah satu bahan yang mudah Anda jumpai. Setelah itu siapkan air bersih. Campurkan salah satu bahan tersebut dengan air bersih, gunakan perbandingan 1:2. Jika noda minyak hanya mengotori area kecil, gunakan jumlah takaran yang kecil. Namun jika noda minyak mengotori banyak bagian pada baju, seprai, maupun pakaian Anda sebaiknya gunakan jumlah takaran yang lebih besar. Karena jika area yang terkena noda cukup kecil, Anda dapat mencelupkan dan membersihkan khusus area yang terkena noda saja. Namun jika yang terkena noda merupakan area yang cukup luas, sebaiknya Anda merendam pakaian Anda pada larutan tersebut.
Sabun Cuci Piring. Sabun cuci piring memang didesain untuk menghilangkan bekas minyak. Buatlah busa dari sabun cuci piring hingga berwarna putih, lalu langsung bubuhkan pada noda. Setelah itu, bilas bagian yang bernoda dengan campuran air dan cuka, atau cukup air saja. Setelah itu, cuci pakaian dengan cara biasa, namun pisahkan dengan pakaian lain.

Taburkan bubuk soda kue di atas noda untuk menimbun noda.Biarkan bubuk soda kue menyerap minyak selama beberapa saat. Serbuk akan berubah warna menjadi lebih gelap karena kandungan minyak yang diserapnya.Buang bubuk soda kue ketika sudah tidak menyerap lebih banyak minyak.Tes sabun cuci piring cair di bagian kecil yang tersembunyi pada pakaian untuk memastikan tidak terjadi pemudaran warna kain. Jika aman, tuangkan sabun cuci piring cair pada bagian yang bernoda lalu kucek dengan sedikit air hingga berbuih.Masukkan pakaian ke dalam mesin cuci, tambahkan deterjen, pilih suhu air tertinggi yang aman bagi pakaian yang dicuci, lalu jalankan mesin cuci. Jika Anda tidak yakin suhu air yang aman untuk baju yang Anda cuci, periksa label perawatan baju tersebut.Keringkan seperti biasa dalam posisi sisi dalam pakaian berada di luar dan sisi luar berada di dalam untuk melindungi warnanya.
Cara diatas tidak hanya bisa anda terapkan pada baju saja, akan tetapi anda pun bisa menerapkan pada kain yang lain, misalnya sprei, gorden ataupun kain yang lain. Untuk menjaga kebersihan, Anda memerlukan pembersih yang ampuh untuk mengatasinya. Wisklin pembersih keramik dan porselen yang aman untuk keluarga. Info lebih lanjut KLIKDISINI
Nah,semoga bermafaat beberapa tips diatas ya.
Baca Juga :






Komentar

Postingan Populer