CARA MENGATASI LANTAI KAMAR MANDI LICIN



CARA MENGATASI LANTAI KAMAR MANDI LICIN
Lantai kamar mandi kerap menjadi licin dan mengerak, jika tidak berhati-hati bisa terpeleset. Kamar mandi ber-lantai licin sering memakan korban, ini bukan mitos bahwa orang sering terkena musibah seperti terpeleset atau terjatuh di kamar mandi terutama para manula. Atau mungkin Anda termasuk yang pernah mengalami hal ini? Semoga tidak tentunya. Tapi bagaimana caranya agar kamar mandi tidak licin dan aman?

Kamar mandi yang ideal harus mementingkan faktor kebersihan dan keamanan. Lantai kamar mandi merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di ruangan yang satu ini. Lantai adalah tempat di mana seseorang berpijak saat berada di dalam kamar mandi. Lantaran bersinggungan secara langsung, maka lantai ini mesti dipastikan untuk bebas dari segala masalah.

Apabila kecelakaan seperti terpeleset di kamar mandi tersebut sering terjadi di rumah, ini artinya harus segera memastikan kebersihan lantai kamar mandi. Atau mungkin saja lantainya sangat licin akibat dari salah pilih jenis – bahan keramik.
Orang seringkali berhasrat untuk mendapatkan penampilan kamar mandi yang menarik, jadi pada saat memilih bahan keramik lantai untuk kamar mandi, mengenyampingkan dari faktor keamanan.

Keramik lantai tidak sama dengan dinding. Keramik untuk lantai, harus dipilih yang mempunyai permukaan atau tekstur kasarr, sedangkan keramik untuk dinding bisa memilih yang memiliki permukaan lebih mulus serta mengkilap. Permukaan yang kasar nantinya membuat keramik akan tetap kesat, meskipun sering terkena guyuran air. Di samping itu, masalah kemiringan lantai juga harus diperhatikan. Sudut kemiringan lantai yang ideal adalah sebesar 0,5°. Hal ini bertujuan untuk mencegah air menggenang di lantai. Walaupun begitu, sesudah penggunaan yang lama, tentunya akan timbul berbagai masalah pada lantai kamar mandi. Beberapa masalah yang sering dijumpai pada lantai kamar mandi di antaranya adalah lantai bocor, licin, berkerak dan air tergenang. Namun, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk menjaga lantai kamar mandi agar tetap sehat dan minim dari kecelakaan.


Membersihkan kotoran yang melekat pada lantai
Kotoran yang melekat pada lantai kamar mandi harus sering dibersihkan.
Kotoran yang berada di tempat lembab, bisa menyebabkan lantai menjadi semakin licin. Biasannya terdapat lumut dan kerak pada permukaan lantai. Selain itu, sisa sabun yang digunakan mandi dan mengalir di atas permukaan lantai berpotensi pula untuk membuat lantai menjadi tambah licin. Kaki bisa terpeleset dengan seketika lantaran banyaknya air sabun yang terinjak oleh kaki.

Disarankan untuk rutin menggosok lantai guna menjaga lantai supaya tetap kesat. Sebelum menyikat dilakukan, siram dan bersihkan kotoran sisa dari toilet terlebih dahulu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bersih, tuangkan cairan pembersih lantai pada bagian toilet yang berkerak, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit untuk memberikan waktu untuk bekerja. Setelah itu, gosok  menggunakan sikat yang kasar sehingga memudahkan Anda dalam menggosok untuk menghilangkan kerak. Mungkin agak sedikit ditekan waktu menggosok, agar kerak yang menempel bisa dibersihkan. Terakhir, bilas menggunakan air bersih.

Mengatasi Air Selalu Menggenang di Lantai
Masalah lain yang juga sering ditemukan pada kamar mandi adalah lantai yang selalu dipenuhi genangan air setelah dipakai. Hal yang dapat menyebabkan air menggenang ini adalah kemiringan lantai yang tidak ideal sehingga membuat air susah untuk mengalir ke lubang drainase. Di samping itu, hal ini bisa pula disebabkan oleh floor drain yang mampet (pampat). Adanya genangan air ini dapat membuat lantai menjadi licin, gampang berlumut dan berjamur.

Cara mengatasi hal ini dengan mengubah tingkat kemiringan lantai yang sebelumnya. Kemiringan lantai yang ideal adalah 1 – 3 cm dari sudut terjauh kamar mandi ke arah lubang drainase  atau sekira 0,5° dengan arah kemiringan menuju saluran pembuangan atau floor drain.

Tetapi, jika lantai pada kamar mandi tidak mengaplikasikan standar kemiringan tersebut, maka disarankan untuk memakai lantai karet (rubber). Lantai ini bersifat elastis dan lebih ramah di kaki sehingga tidak gampang untuk tergelincir. Namun, jika diinginkan, jalan yang termahal yang mesti dilakukan adalah membongkar lantai.

Lantai Kamar Mandi Bocor



Adanya kebocoran pada lantai kamar mandi bisa menyebabkan air merembes. Biasanya kebocoran yang terjadi pada lantai kamar mandi disebabkan oleh lapisan nat keramik yang keropos lantaran terkikis oleh air secara terus-menerus. Selain itu, bisa juga karena lantai tidak dilapisi dengan waterproofing saat dipasang. Terlebih lagi jika rumah terdiri dari 2 lantai, maka kebocoran ini tentunya akan mengganggu ruangan yang terletak di bawahnya.

Cara mengatasinya dengan membongkar nat dan memakai waterproofing atau sealent di area tersebut. Tetapi, kebocoran dapat terjadi kembali. Oleh karena itu, hal yang sebaiknya dilakukan adalah membongkar lantai, kemudian memasang lapisan waterproofing, baru memasangnya kembali. Bila masih bocor juga, dianjurkan untuk memeriksa pula bagian pinggir floor drain dan memberinya sealent sebab bisa jadi bocor berasal dari sini.





Komentar

Postingan Populer