Obat Tradisional Penurun Panas Pada Anak


Demam sangat umum terjadi pada anak-anak, dengan 40-60% di antaranya menderita kenaikan suhu tubuh setiap tahunnya. Suhu tubuh normal adalah sekitar 37°C namun dapat berbeda-beda menurut waktu hari dan usia anak. Jika suhu anak anda di atas 37.5°C saat diukur secara oral atau 38°C saat diukur secara rektal, maka mereka dianggap terserang demam. Demam sangat umum terjadi pada anak-anak, dengan 40-60% di antaranya menderita kenaikan suhu tubuh setiap tahunnya. Suhu tubuh normal adalah sekitar 37°C namun dapat berbeda-beda menurut waktu hari dan usia anak. Jika suhu anak anda di atas 37.5°C saat diukur secara oral atau 38°C saat diukur secara rektal, maka mereka dianggap terserang demam.  Dalam kasus seperti ini, ibu pasti merasa panikk. Tetapi kepanikan yang ibu alami jangan terlalu lama, segeralah melakukan pengobatan untuk penyakit panas yang anak derita.

Demam sering kali bisa menjadi pertanda baik. Umumnya, demam terjadi saat sistem kekebalan anda mengusir infeksi seperti pilek, batuk dan infeksi telinga. Pada sinyal pertama serangan demam, sistem pertahanan tubuh melepaskan zat kimia untuk melawan infeksi kedalam darah. Zat-zat kimia ini juga mempengaruhi thermostat tubuh, yang terletak dalam otak dan disebut hypothalamus.
Penting diingat bahwa suhu dapat berbeda-beda menurut bagian tubuh dimana suhu diukur, jadi selalu ukur suhu di tempat yang sama. Penting diingat bahwa suhu dapat berbeda-beda menurut bagian tubuh dimana suhu diukur, jadi selalu ukur suhu di tempat yang sama.

Demam pada anak bisa disembuhkan dengan cara medis atau dengan cara tradisional. Nah, untuk  kali ini kita akan  berbagi tips bagaimana cara menurunkan demam pada anak secara tradisional. Cara menurunkan demam anak secara tradisional antara lain dengan cara  berikut ya Ibu. Saat seorang bayi atau anak sedang masih ASI, ibu bissa memberrikan ASI untuk menjaga agar jumlah cairan dalam tubuh anak tetap terjaga Namun bagi anak yang sudah  tidak lagi minum ASI, Bunda bisa memberikanyaa air putih juga dapat diberikan untuk menjaga jumlah cairan tetap cukup.


Tips yang lain yaitu memakaikan pakaian ringan pada anak, menjaga anak tidak kepanasan atau gerah dengan memastikan suhu ruang yang nyaman berhati-hatilah agar tidak membuat ruangan terlalu  dingin. 
Dari jaman dahulu, bawang merah sering dimanfaatkan untuk menurunkan panas pada bayi. Kandungan yang ada didalam bawang merah sangat baik untuk kesehatan si kecil. Diantaranya yaitu minyak atsiri, sikloaliin metilaliin, kuersetin dan juga floroglusin.

Semua kandungan didalam bawang merah ini bermanfaat untuk menurunkan panas. Caranya cukup mudah yaitu dapat diparut ataupun diiris tipis beberapa buah bawang merah, tambahkan juga sedikit minyak kelapa. Balurkan ramuan ini pada tubuh bayi Anda dan tunggu hasilnya.

Selain bawang merah, kunyit juga bermanfaat untuk menurunkan panas si kecil. Kunyit juga memiliki kandungan minyak atsiri, selain itu kandungan kunyit yaitu turmeron, curcumin dan juga zingiberen juga terdapat didalamnya. Kandungan yang ada didalam kunyit berfungsi sebagai anti inflamasi, antioksidan dan juga antibakteri sebagai penurun panas si kecil.

Caranya yaitu parut kunyit yang berukuran sekitar 1 ruas jari, campur dengan air panas setengah gelas. Setelah dingin, peras ramuan tersebut dan ambil sarinya saja untuk diberikan ke buah hati Anda. Obat tradisional penurun panas pada balita ini akan semakin ampuh jika ditambah dengan perasan jeruk nipis dan juga madu.


Tanaman obat yang terakhir yaitu temulawak yang memiliki kandungan seperti zat aktif germacrene, alpha betha curcumena dan xanthorrhizol. Kandungan yang ada dalam temulawak ini berfungsi sebagai antibiotik dan juga anti inflamsi. Cara membuat obat tradisional penurun demam si kecil yaitu parut sekitar 1 ruas jari temulawak, campur dengan setengah gelas air. Aduk dan kemudian saring dan peras airnya, gunakan sarinya dan tambahkan juga madu untuk diberikan ke buah hati Anda.

Demikian cara tradisional yang bermanfaat untuk menurunkan panas yang diderita si kecil, semoga dapat bermanfaat untuk para ibu semua. Jika anak ibu demam, ibu bisa segera mencoba cara dan obat tradisional penurun panas ini untuk menurunkan panas anak. Tapi perlu dingat ya ibu, segera periksakan ke dokter apabila  demam tidak segera turun selama 4 hari lebih.


Komentar

Postingan Populer