Sayuran Untuk Diet Yang Sehat Dan Aman Dikonsumsi

Sayuran Untuk Diet Yang Sehat Dan Aman Dikonsumsi

 

Diet merupakan salah satu program kegiatan yang saat ini banyak di lakukan oleh sebagian besar masyarakat, terutama kaum wanita. Namun, sekarang ini tidak hanya kaum wanita saja yang sering melakukan program diet, tapi ada banyak juga kaum pria yang melakukan program diet.
Untuk bisa menyukseskan program diet ini, ada banyak sekali faktor yang perlu di perhatikan. Selain rajin berolahraga, dan juga mengurangi asupan lemak, kita juga perlu memperhatikan jenis-jenis makanan yang cocok untuk program diet. Salah satu jenis makanan yang cocok untuk program diet adalah sayuran,
Sayur sangat kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, yang mana kebanyakan diantaranya sangat rendah kalori, jadi bagus sekali untuk diet. Selain dari sisi kalori, kandungan serat dan berbagai nutrisi tertentu yang ada pada sayur cocok untuk membantu proses menurunkan berat badan. Dengan banyaknya manfaat yang didapat dari mengonsumsi sayur, Anda akan sukses menurunkan berat badan tanpa khawatir dengan resiko terhadap kesehatan
Salah satu jenis makanan yang cocok untuk program diet adalah sayuran, dan pada kesempatan kali ini, kami akan memberkan sajian informasi tentang jenis sayuran yang cocok untuk diet.


Brokoli
Selain terkenal dengan istilah sayuran penangkal kanker, brokoli juga merupakan sayur yang baik untuk diet. Pasalnya brokoli mengandung 40% protein dan 60% karbohidrat kompleks yang baik bagi tubuh. Karbohidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat biasa, karena jenis ini justru dapat membantu menurunkan berat badan, selain itu juga baik untuk pencernaan. Tak lupa, serat yang dikandung brokoli pun membuat rasa kenyang tertahan lebih lama. Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan, kalsium, selenium, magnesium, zat besi dan thiamin yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Bayam
Salah satu jenis sayuran yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat sedang melakukan program diet adalah bayam. Sayuran ini sangat kaya akan kandungan magnesium, seng, dan juga zat besi yang mampu membantu mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh.
Bayam juga memiliki kandungan vitamin A dan K yang mampu memperlancar proses peredaran darah di dalam tubuh serta mampu meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh. Jadi, bagi Anda yang saat ini sedang dalam masa diet, sangat dianjurkan bagi Anda untuk memilih bayam sebagai salah satu sayuran yang perlu dikonsumsi.

Selada
Selain sayuran yang telah kami sebutkan di atas, sayuran lain yang juga cocok untuk program diet adalah selada. Sayuran hijau dengan nama latin Lactuca Sativa L. ini kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan magnesium, serta serat yang mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga nafsu makan kita pun bisa lebih terkontrol. Untuk membantu menyukseskan program diet, kita bisa mengkonsumsi selada dengan cara di makan mentah atau dengan membuatnya menjadi sup.


Asparagus
Asparagus merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi seperti asam folat  serta sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, tiamin dan juga vitamin A. Asparagus menjadi salah satu jenis sayuran terbaik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan sel. Tidak hanya sebagai sumber antioksidan, asparagus juga memiliki sifat anti inflamasi, membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan pencernaan dan sebagainya. Kandungan serat tinggi dalam asparagus akan meningkatkan pencernaan yang membuat berbagai makanan bisa diserap dalam usus dengan baik sekaligus mencegah resiko penyakit hati, menghilangkan penumpukkan lemak, bakteri dan juga racun yang tersimpan di dalam tubuh. Sedangkan kandungan thiamin atau vitamin B1 dalam asparagus berguna untuk menjaga kadar gula dalam darah, sumber energi dan juga sangat penting dalam metabolisme tubuh anda. Kandungan glutathione dalam asparagus juga akan membantu dalam menghancurkan racun penyebab kanker tulang, kanker payudara dan beberapa jenis kanker lainnya.

Wortel
Tidak hanya memiliki warna oranye, ternyata wortel juga memiliki warna yang bervariasi seperti kuning, ungu dan juga merah. Warna yang terdapat dalam wortel diperoleh karena kandungan antioksidan tinggi yang disebut dengan karotenoid yakni beta karoten. Seperti yang kita ketahui, dalam wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh, melindungi kesehatan kulit serta mata dan juga mencegah berbagai radikal bebas yang menjadi sumber penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit hati. Selain itu, mengkonsumsi wortel secara teratur juga akan menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh, meningkatkan kesehatan darah, mengatasi radang, membersihkan ginjal, menjaga fungsi otak dan juga mencegah penyakit leukimia atau kanker darah. Untuk kandungan nutrisi lengkap yang ada dalam wortel adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, potasium, mangan, vitamin B6, thiamin, niacin, folat, protein, omega 3, omega 6, serat dan juga rendah kalori serta lemak.

Kubis (Kol)
Terakhir, jenis sayuran yang cocok untuk program diet adalah kubis atau kol. Sayuran hijau yang satu ini termasuk salah satu sayuran yang kaya serat sehingga mampu mengontrol nafsu makan. Selain itu kubis juga tidak mengandung kolestrol dan lemak jenuh berbahaya serta sangat rendah kalori. Dalam 70 gram kubis setidaknya terdapat karbohidrat 4,3 gram, 2,2 gram serat, serta 0,1 gram lemak. Jadi, sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang dalam masa diet untuk memasukan kubis kedalam daftar menu diet sehat Anda.

Terong
Terong juga merupakan sayuran yang baik dikonsumsi untuk program diet sebab memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Fitonutrient khusus seperti senyawa fenolik, flavonoid seperti nasunin dan juga berbagai mineral serta vitamin banyak terkandung dalam sayur berwarna ungu ini. Selain itu, dalam terong juga mengandung kalori yang sangat rendah namun tinggi kandungan serat dan air sehingga akan membuat anda kenyang lebih lama sekaligus mencegah keinginan ngemil berlebihan. Kandungan jenis antioksidan bernama nasunin merupakan jenis antioksidan langka yang tidak dimiliki semua jenis sayuran dan hanya terdapat dalam jenis terong dan sayuran berwarna saja. Nasunin memiliki kegunaan untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Manfaat lain dari terong adalah melindungi tubuh dari kanker, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan dan fungsi usus, menguatkan tulang, menyehatkan metabolisme tubuh serta sumber tenaga serta mencegah kanker kulit.


Buncis
Buncis adalah sayuran yang hampir sama bentuknya dengan kacang ini ternyata juga berguna bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Buncis terkenal untuk melancarkan system pencernaan dalam tubuh manusia karena kandungan serat yang ada didalamnya.bukan hanya sistem pencernaan, tetapi gula darah juga bisa diatur dengan mengkonsumsi buncis.

Paprika
Paprika dapat mengisi asupan kalori yang cukup untuk tubuh. Selain itu, paprika juga mengandung vitamin C yang tinggi.
Sedangkan tidak ada aturan jenis buah-buahan untuk dikonsumsi, karena pada dasarnya semua buah-buahan memiliki kandungan nutrisi dan gizi hampir setara dengan sayuran.

Kol Merah
Kol merah merupakan sayuran yang sangat nikmat untuk dinikmati dalam keadaan mentah ataupun diolah menjadi masakan yang lezat. Kandungan yang terdapat dalam kol merah diantaranya adalah protein, serat, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, kalsium, folat, vitamin A, potasium, thiamin, kalsium zat besi, magnesium serta karbohidrat. Oleh karena kandungan mineral dan vitamin lengkap dalam kol merah, sayuran ini tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan, namun juga mengatasi radang sendi dan jenis peradangan lain, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan usus karena kandungan probiotik saat diolah menjadi makanan seperti kimchi, mengatasi berbagai macam penyakit kronis seperti alzheimer serta kerusakan DNA dan menurunkan resiko osteoporosis.


Demikian di atas 16 buah dan sayuran yang idealnya Anda konsumsi saat sedang menjalankan diet. Dan juga tentunya bagus di konsumsi kapan saja buat semua orang tanpa terkecuali. Nah, selamat mencoba dan semoga uraian di atas bisa bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer