Tanaman Yang Cocok Ditanam di Halaman Rumah Anda


Membangun rumah yang indah adalah impian semua orang. Membangun rumah pastinya tidak bisa terlepas dari bagaimana Anda menata rumah dan pekarangan dengan sedemikian rupa supaya tampak asri.
Kehadiran tanaman di halaman rumah tak sekadar membawa udara yang segar. Kebanyakan orang suka jika memiliki tanaman pohon besar dan rimbun di sekitar rumah, karena bisa bikin rumah jadi sejuk dan teduh.
Tanaman selain memperindah suasana juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Banyak jenis dan fugsi dari tanaman yang akan mempercantik tampilan halaman rumah Anda, namun Anda harus mengerti jenis-jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di berbagai bagian rumah, misalnya di teras belakang, ataupun di taman bagian depan.
Akan tetapi perlu anda tahu, bahwa tidak semua jenis tumbuhan cocok untuk ditanam di sekitar halaman rumah kita Sebelum melakukan penanaman kita wajib mempertimbangkan fungsi dan estetika terlebih dahulu supaya nantinya tidak hanya sedap dipandang tapi juga dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Berikut beberapa jenis tumbuhan yang dapat kita pertimbangkan untuk ditanam di sekitar halaman rumah, di antaranya adalah:


Baca Juga :

Pohon mangga

Jika Anda tidak memiliki halaman yang luas, maka menanam pohon mangga bisa menjadi solusinya. Hampir di banyak perumahan yang baru dibangun saat ini, para pengembang rata-rata menanam pohon mangga sebagai cara mengurangi panasnya sinar matahari. Pohon mangga termasuk jenis tanaman yang sangat mudah dibudidayakan dan perawatannya pun tidak sulit, cepat besar dan cepat berbuah. Oleh karena itu, jika Anda berniat menanam pohon mangga di halaman rumah anda, anda bisa memulainya mulai saat ini.
Pohon Palem
Pohon palem ini menyerupai pohon kelapa, tetapi biasanya memiki batang yang kecil dan buah yang berukuran kecil. Pohon ini sangat cocok untuk di tanam di sekitar halaman rumah Anda. Pohon palem memiliki beberapa jenis tipe sehingga pastikan Anda periksa luas lahan di rumah Anda serta kondisi tanahnya agar tampilannya bisa serasi dengan bagian lain di halaman depan rumah Anda.
Bunga Kertas atau Bougenville

Bunga Kertas atau Bougenville sangat pupoler dalam dunia tanaman hias. Bentuknya kecil dan agak sedikit susah untuk tegak. Keindahan bunga ini berasal dari bunga yang berwarna cerah. Warna bunga ini terdiri dari berbagai macam warna, seperti jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih, dan berbagai campuran warna. Bunganya pun tumbuh dengan rimbun, seludang pada bunga ini sering kali dianggap sebagai salah satu bagian dari bunganya. Perawatannya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. Tanaman ini sebaiknya ditempatkan diarea yang terkena sinar matahari yang cukup.  Sehingga tanaman ini sangat cocok tumbuh di wilayah dengan iklim tropis. Pekarangan rumah bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk menanam bunga kertas ini.

Pohon pepaya

Setiap orang pasti sudah mengenal pohon yang satu ini, pohon yang sangat terkenal karena buahnya yang manis dan segar. Pohon pepaya (Carica papaya), merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan. Fungsi pepaya selain dari buah dan daunnya yang bisa dimakan adalah sebagai kanopi alami, dan karena daunnya yang lebar pepaya dapat dimanfaatkan untuk melindungi halaman rumah Anda dari teriknya sinar matahari.
Beluntas
Beluntas merupakan tumbuhan semak yang memilki banyak cabang, berusuk halus, dan berbulu lembut. Biasanya, tanaman ini ditanam sebagai tanaman pagar karena susunan cabang pohon ini yang rapat sehingga membentuk gundunkan. Beluntas selain berfungsi sebagai tanaman yang cocok untuk di tanam di halaman rumah Anda, daunya juga dapat bermanfaat sebagai obat.

Bunga melati

Bunga melati merupakan jenis tanaman perdu dan memiliki batang tegak, banyak orang suka menanamnya karena terpikat dengan bau harum bunganya yang sering keluar pada malam hari. Di Indonesia, kebanyakan melati yang ditanam di halaman rumah adalah jenis melati putih (Jasminum sambac).
Hampir semua jenis melati membutuhkan sinar matahari penuh. Media tanamnya berupa tanah dan pupuk kompos. Untuk memperbanyak tanaman bunga melati, Anda bisa memotong batang dan menanamnya langsung dalam pot yang sudah diisi dengan tanah dan pupuk kompos.
Kembang Sepatu
Kembang sepatu adalah tanaman semak yang berasal dari Asia Timur dan banyak di tanam sebagai tanaman hias. Bunganya besar dan berwarna merah tidak berbau. Bunga ini sangat cocok di tanam dihalaman depan rumah karena warna merahnya membuat pemandangan rumah menjadi lebih cantik dan lebih menyala.

Bunga Kamboja
Bunga ini berasal dari Amerika Tengah. Bunga Kamboja memiliki mahkota yang bertumpuk, di Indonesia biasanya sering dijumpai tanaman Kamboja berwarna putih dengan bagian tengah kuning. Tapi ada juga yang berwarna ungu dan merah. Bunganya cukup harum. Stek batang merupakan cara untuk memperbanyak tanaman Kamboja ini. Penyiraman bunga Kamboja ini hanya perlu secukupnya setiap hari. Tanaman Kamboja ini bisa ditanam langsung atau dalam pot.

Bambu

Di Indonesia sendiri terdapat kurang lebih 160 jenis bambu, dan 88 diantarnya adalah jenis bambu endemik. Keunikan bambu dan manfaat yang dihasilkan membuatnya disukai untuk ditanam di halaman atau pekarangan rumah. Jika Anda tertarik untuk menanam bambu khususnya bila akan ditanam di halaman rumah yang tidak terlalu luas pilihlan jenis bambu hias. Beberapa tanaman juga sangat baik untuk menghiasi kamar mandi agar terlihat asri. Untuk menjaga kebersihan dalam keluarga, Anda memerlukan pembersih yang ampuh untuk mengatasinya. Wisklin pembersih keramik dan porselen yang aman untuk keluarga. Info lebih lanjut KLIK DISINI
Demikianlah berbagai macam  tanaman yang dapat anda tanam di pekarangan rumah anda. Semoga bermanfaat…

Baca Juga :







Komentar

Postingan Populer