Tips Membersihkan Lumut Di Kamar Mandi


Kamar mandi adalah area yang biasanya selalu lembab dan basah. Hal ini menyebabkan lumut mudah sekali tumbuh. Lumut yang tumbuh di kamar mandi selain memberikan pemandangan yang kurang sedap, juga bisa membuat anda terpeleset karena lantai menjadi licin. Karena disebabkan Porselen kamar mandi yang jarang dibersihkan mudah sekali ditumbuhi jamur apalagi porselen selalu basah atau terendam air. Lumut lumut akan tumbuh dan sulit dihilangkan ketika bertambah banyak. Keramik atau porselin kamar mandi yang biasanya paling banyak ditumbuhi lumut adalah pada bak, lantai dan dindingnya.

Untuk mencegah kamar mandi terlalu cepat berlumut adalah dengan mengupayakan agar ruangan kamar mandi memiliki ventilasi udara yang cukup dan kemiringan lantai yang memungkinkan semua air akan mengalir ke lubang pembuangan. Bila ventilasi sudah cukup, maka kamar mandi akan segera kering dan lumut pun tidak sempat hinggap.

Namun bila saat ini di kamar mandi Anda sudah terdapat lumut dalam jumlah yang cukup mengganggu, Berikut adalah tips menyingkirkan lumut pada keramik atau porselen pada kamar mandi dengan mudah dan cepat, berikut ini caranya :

Pemutih Pakaian
Campurkan cairan pemutih pakaian dan air dengan perbandingan 1:4. Aduk rata lalu siramkan campuran air dan pemutih pakaian ini ke lantai atau dinding kamar mandi yang berlumut. Setelah disiram, sikat segera permukaan lantai/dinding sampai bersih. Setelah bersih bilas dengan air dan keringkan.

Bubuk Kaporit
Cara lain yang bisa digunakan untuk membersihkan lumut atau kerak kotoran di kamar mandi adalah memakai bubuk kaporit. Taburkan kaporit tipis-tipis pada area yang berlumut. Tunggu sekitar satu jam. Setelah itu anda akan melihat banyak buih-buih. Itu artinya kotoran telah terangkat. Segeralah menyikat dan membersihkanya dengan air sabun. Dijamin kamar mandi anda terbebas dari  kotoran- kotoran yang melekat, bau tak sedap dan kuman.



Cuka 
Cuka putih yang biasa digunakan untuk memasak juga bisa digunakan untuk menghilangkan lumut. Caranya dengan mencampur cuka putih dengan air lalu disiramkan ke area berlumut lalu digosok sampai bersih, dan jangan lalai untuk segera membersihkan sisa cuka dengan air karena cuka bisa merusak lapisan lantai atau dinding kamar mandi bila dibiarkan terlalu lama. Untuk bagian lantai atau dinding yang lumutnya sangat tebal, bisa menggunakan cuka murni tanpa diencerkan dengan air terlebih dahulu.

Pembersih Kamar Mandi
Produk pembersih kamarmandi biasanya sering digunakan karena ampuh membersihkan kerak keramik dengan cepat. Pembersih ini juga bisa untuk membersihkan lumut kamar mandi. Mengkilapkan Keramik pada kamar mandi dan selain menghilangkan noda kerak dan lumut, juga aman bila terkena kulit, tidak gatal, menyengat, panas atau Sakit.

Cara pakainya cukup mudah, semprotkan kebagian yang ingin dibersihkan, tunggu beberapa saat lalu bersihkan dengan menggunakan kuas atau sikat sampai lumut bersih, lalu bilas dengan air bersih.

Rekomendasi :
Membersihkan kerak, jamur atau lumut kamar mandi menggunakan cairan pembersih khusus, seperti Wisklin, memastikan noda kerak, jamur atau lumut bersi, cukup ikuti petunjuk pemakaian pada label produk. Info Lengkap klik Disini


Baking Soda
Untuk membersihkan lumut baking soda juga bisa diandalkan. Pastikan terlebih dahulu, Anda tidak membersihkan lantai yang tidak tahan dengan baking soda dan cuka, seperti lantai marmer atau lantai kayu. Cara menggunakan baking soda ini adalah dengan mencampur baking soda dengan air sehingga berbentuk seperti pasta. Lalu gosokkan pasta baking soda ini di bagian lantai atau dinding kamar mandi yang berlumut. Setelah lumut bersih, segera siram dan bilas sampai bersih sampai tidak ada sisa-sisa baking soda lagi yang tertinggal.

Batu Bara
Yang mudah dan murah menghilangkan lumut pada lantai di kamar mandi, pergunakan batu bata. Gosokkan batu bata ini pada lantai yang berlumut lalu bersihkan dengan air. Dijamin lantai kamar mandi anda akan bebas dari lumut dan aman digunakan.


Garam
Sebaiknya menggunakan garam yang dijual dalam bentuk balok/kotak-kotak dan tidak menggunakan garam meja atau garam halus. Cara membersihkan lumut dengan garam adalah dengan membuat campuran 1 cangkir garam rebus sampai mendidih dalam satu liter air. Setelah mendidih, siramkan sebagian larutan garam ini ke bagian lantai atau dinding yang berlumut. Lalu kerok dan bersihkan lumut yang menempel dengan kape atau sikat besi. Setelah lumut rontok, siram lagi dengan sisa larutan garam. Setelah itu keringkan.

Tips-tips diatas cukup ampuh untuk mengusir lumut dan mencegah lumut tumbuh kembali untuk jangka waktu yang lama.


Komentar

Postingan Populer